MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN MOTOR YAMAHA MIO SOUL TAHUN 2008

Penulis

  • wardiana Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional
  • Muhamad Ghozali

Kata Kunci:

Intake manifold, Torsi dan Daya

Abstrak

Saat ini banyak tuntunan dalam industri otomotif yaitu untuk menghasilkan kendaraan yang mampu menghasilkan performa mesin yang tinggi (high performance). Menjadikan tantangan untuk para pabrikan sepeda motor bersaing dalam merancang sepeda motor dengan kemampuan mesin yang lebih bagus lagi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intake manifold standar dengan intake manifold modifikasi terhadap performa mesin. Pengujian torsi dan daya dilakukan pada putaran 1500 rpm – putaran 8000 rpm, sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada putaran 2500 rpm – putaran 7000 rpm.

Hasil pengujian daya maksimal menggunakan intake manifold standar dan modifikasi sama sebesar 7.6 HP. Tetapi pada putaran mesin 1500 rpm - 4399 rpm daya lebih tinggi menggunakan manifold modifikasi. Untuk torsi makasimal menggunakan intake manifold modifikasi lebih besar dari standar yaitu 18.8 pada putaran mesin 2087 rpm. Dan untuk konsumsi bahan bakar menggunakan intake manifold modifikasi lebih boros dibanding intake manifold standar

Referensi

[1]. Akbar AF, dkk.”Pengaruh PenggunaanVariasi Berat Roller CVT Terhadap Kecepatan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty”.Teknik Otomotif.Universitas Negri Padang.

[2]. Fajarudin R, dkk.2016. “Analisa Modifokasi Intake Manifold Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor 4 Tak 110cc”.Jurnal. Teknik. Universitas Pancasakti, Tegal.

[3]. Farkhan. 2015. “Analisis Performa Mesin Menggunakan Campuran Bahan Bakar Premium dengan Etanol Terhadap Daya dan Torsi pada Toyota Kijang Innova Tipe 1TR-FE”. Tugas Akhir. Teknik,Teknik Mesin, Universitas Negri Semarang.

[4]. Hidayat, Wahyu. 2012. Motor Bensin Modern. Jakarta: Rineka Cipta. [5]. Jama J, dkk. 2008. Teknik Sepeda Motor. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah

Kejuruan.

[6]. Pambudi, ATS. 2019.”Optimasi Camshaft Dengan Variasi Tinggi Lift Pada Mesin (x) 100CC Menggunakan Mesin Modifikasi Camshaft”.Skripsi. Teknologi Industri. Institut Teknologi Nasional Malang.

[7]. Prasetya, Dwi Aditiya, 2014. “Pengaruh Penggunaan Intake Manifold dengan Bahan Dasar Komposit (Serat Nanas) Terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor

Honda Supra X 125 Tahun 2007”.Skripsi. Teknik, Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

[8]. Rohman, Arip.2015.”Kajian Eksperimental Tentang Pengaruh Porting Saluran Masuk Bahan Bakar Terhadap Kinerja Mega Pro 160 CC Menggunakan Bahan Bakar Campuran Premium-Etanol Dengan Kandungan Etanol 5% dan 10%".Tugas Akhir. Teknik. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[9]. Setiawan, Agus. 2016. “Pengaruh Porting Saluran Intake dan Exhaust Terhadap Kinerja Motor 4- Langkah 200cc Berbahan Bakar Premium dan Pertamax”. Tugas Akhir. Teknik Mesin. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[10]. Suyantoro S, ed. 2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta: Andi.

[11]. Syahbani, Nurul. 2017. “Pengaruh Perlakuan Porting and Polish Inlet Port pada Cylinder Head Terhadap Performa Yamaha Jupiter Z”. Skripsi. Teknik Mesin, Universitas Negri Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

28-10-2021